Pendampingan Strategis dalam Penguatan Model Bisnis dan Pemasaran Digital UMKM Talula Jewl di Bandar Lampung

Authors

  • Tazkiyah Sakinah Universitas Lampung
  • Anas Nabila Universitas Lampung
  • Eliza Delicia Universitas Lampung
  • Ni Kadek Wenda Pramesti Universitas Lampung
  • Ryan Kurniawan Universitas Lampung
  • , Rivo Hariadinata Universitas Lampung
  • Afrandi Zakiy Pratama Universitas Lampung
  • Lidya Ayuni Putri Universitas Lampung
  • Aida Sari Universitas Lampung
  • Tazkiyah Sakinah Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61689/potensi.v2i2.33

Keywords:

Business Model, Marketing Strategy, Talula Jewl, E-commerce

Abstract

This community service activity aims to study the business model, marketing strategy, technology utilization, and success factors of Talula Jewl MSMEs in Bandar Lampung which are engaged in the anti-rust and waterproof titanium jewelry industry. The method used is descriptive qualitative through interviews, observations, and documentation. The analysis uses the Business Model Canvas and Marketing Mix (4P). The results of the study show that Talula Jewl has a social media-based marketing strategy that does not involve influencers, clear market segmentation, and quality products. Digital design and interaction use this technology. Market understanding, excellent service, and customer trust support sales success. Although there are fluctuations in sales in e-commerce, customer satisfaction remains high. Development is directed at opening offline stores

References

Adinda, F. (2020). Pernah mengalami dejavu? Inilah yang sebenarnya terjadi. Diakses pada 1 Januari 2022, dari https://typicalurl.com/contoh1

Akbar, B. (2021). Gerakan ekspresionisme Jerman. Diakses pada 2 Januari 2022, dari http://axbarock.blogspot.com/2021/03/gerakan-ekspresionisme-jerman.html

Anggraini, N. P. (2022). Optimalisasi pemasaran digital berbasis media sosial untuk meningkatkan penjualan UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2085–2094. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9618

Ardiansyah, K. (2017). Analisis semiotika film Tanda Tanya 2011. Bandung: Universitas Pasundan.

Astuti, S. R., Warsono, H., & Rachim, A. (2020). Collaborative governance dalam perspektif administrasi publik. Semarang: Program Studi Doktor Administrasi Publik FISIP Universitas Diponegoro Press.

Bramantyo Ayoghi, D. (2013). Penyutradaraan film televisi "Pelangi Hati" dengan pendekatan ekspresionisme. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Emzir. (2010). Metodologi penelitian kualitatif: Analisis data. Jakarta: Rajawali Pers.

Fauzan, M. E. (2017). Penyutradaraan film "Yang Kini Terbaring" dengan gaya sinema ekspresionisme Jerman. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Hasan, H. (2022). Pengembangan sistem informasi dokumentasi terpusat pada STMIK Tidore Mandiri. JURASIK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer), 2(1), 23–29.

Ilmar, A. (2014). Hukum tata pemerintahan. Jakarta: Kencana.

Kementerian Perindustrian. (2025). Sinergi Kemenperin bersama APEPI promosikan industri perhiasan lokal. Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka. https://ikm.kemenperin.go.id

Nugraha, P. M. (2019). Penerapan sound effect dengan gaya hyperreality pada film fiksi "Malam Minggu Kliwon". Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pratista, H. (2017). Memahami film (Edisi ke-2). Yogyakarta: Montase Press.

Pratista, H. (2010). Tim Burton. Diakses pada 25 Desember 2021, dari https://montasefilm.com/tim-burton/6/

Rahayu, S. (2023). Collaborative governance dalam penanggulangan kekerasan seksual (Studi kasus Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Batam). Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Rahman, F. (2018). Teori pemerintahan (Edisi pertama). Malang: UB Press.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Jakarta: Cipta Media Nusantara.

Riandy, D. M., & Hastuti, R. (2024). Peran UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak dalam penanganan tindak kekerasan anak di Kota Surakarta. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1).

Said, A., Budiati, I., Ayuni, S., Reagan, A. H., Susanto, Y., Avenzor, A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, I. A., & Riyadi. (2017). Statistik gender tematik: Mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sari, Y. (2024). Analisis strategi pemasaran digital pada UMKM. WANARGI: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 73–78.

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, C. (2019). Gaya penyutradaraan sinema ekspresionisme. Diakses pada 27 Desember 2021, dari http://tvdanfilm.blogspot.com/2019/05/gaya-penyutradaraan.html

Tsani, R. T., & Aji, F. (2020). Penyutradaraan film "Daniswara" dengan pendekatan ekspresionisme (Skripsi Penciptaan). Jember: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. (2014). https://doi.org/10.31316/jk.v4i1.877

Wandiny, E. (2017). Penyutradaraan program cerita televisi seri “Puzzle” episode “Bunga Kering” dengan pendekatan gaya ekspresionis. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Tazkiyah Sakinah, Anas Nabila, Eliza Delicia, Ni Kadek Wenda Pramesti, Ryan Kurniawan, , Rivo Hariadinata, … Tazkiyah Sakinah. (2025). Pendampingan Strategis dalam Penguatan Model Bisnis dan Pemasaran Digital UMKM Talula Jewl di Bandar Lampung. POTENSI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.61689/potensi.v2i2.33

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.