Penggunaan Bahasa Indonesia untuk Proses Belajar

Authors

  • Realnaldo Aripin

Keywords:

Kampus Mengajar, Kampus Merdeka, Minat Belajar Siswa, Literasi dan Numerasi, Pembangunan Nasionalv

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk untuk memberdayakan  salah satunya adalah SD negeri 177051 Lae Magarambung,Kec Tarabintang, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Pada Program ini mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan literasi dan numerasi terutama saat pandemic dimana pendidikan di Indonesia bisa terbilang mundur dan harus dikejar untuk memajukannya kembali.

Hasil dari program ini yakni sebagai penanam empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya terutama bidang pendidikan: mengasah keterampilan dan problem solving dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa: mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skill mahasiswa; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi mahasiswa dalam pembangunan sosial.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Realnaldo Aripin. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia untuk Proses Belajar . POTENSI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 30–37. Retrieved from https://journal.feb.undaris.ac.id/index.php/PotensiAbdimas/article/view/5